Deretan Mobil Konsep di NAIAS 2017

Pameran otomotif North American International Auto Show 2017 atau yang lebih dikenal dengan NAIAS 2017 sangat mencuri perhatian para pecinta otomatis di berbagai belahan dunia. Acara yang berlangsung di Cobo Center, Detroit, dari tanggal 8 – 22 January 2017 ini menjadi ajang para produsen mobil ternama tampil dan menunjukkan produk-produk baru mereka di awal tahun 2017 ini. Selain mobil baru, tidak sedikit pula perusahaan yang memperkenalkan mobil konsepnya untuk menarik perhatian pengunjung. Selain sebagai daya tarik, mobil konsep di ajang ini juga menjadi barometer perusahaan dalam menunjukan kesiapan mereka memenuhi kebutuhan konsumennya di masa mendatang. Berikut beberapa mobil konsep yang paling mencuri perhatian.

Nissan V Motion 2.0

Sedan konsep dari Nissan ini berhasil meraih predikat bergengsi sebagai mobil konsep terbaik di EyesOn Design Award di ajang NIAS 2017, satu hari setelah diperkenalkan ke publik. Mobil ini juga berhasil meraih penghargaan sebagai mobil dengan inovasi terbaik dalam pengaplikasian warna, grafis, dan juga bahan.

“Vmotion 2.0 menawarkan tampilan yang menakjubkan untuk masa depan desain Nissan yang segar, dinamis namun tetap menonjolkan kenyamanan kabin,” ujar Mamoru Aoki, Executive Design Director Nissan Global Strategy dari Nissan Motor Co. Ltd.

Kelir perak tembaga menjadi kombinasi unik di mobil ini, sehingga menciptakan warna berlapis dan memberikan refleksi yang berbeda dari berbagai sudut. Nicole Fonseca, Senior Color & Materials Designer, Nissan Design America, Inc, juga mengatakan, dalam pencarian akan sebuah kesempurnaan, lebih dari 100 tes dilakukan untuk mendapatkan warna yang tepat. Pada percobaan ke-101, pihaknya menemukan perpaduan sempurna dari tembaga, perak, dan logam lainnya, untuk menghasilkan sebuah refleksi warna yang indah.

VW ID Buzz

Produsen mobil asal Jerman, Volkswagen (VW) menggabungkan nuansa modern dan retro dalam sebuah mobil yang unik dan lucu. Mobil konsep yang diberi nama ID Buzz ini dibekali teknologi otonom dan bertenaga listrik. Interior yang megah menyerupai pendahulunya, VW Combi. Tempat duduk yang fleksibel, konsol yang mudah di pindahkan, serta desain atap full skylight memberikan pengalaman yang menyenangkan saat berkendara. Karena menggunakan sistem pengoprasiannya otonom, maka pada bagian dashboard hanya terdapat layar sentuh untuk mengkontrol semua kebutuhan Anda. Para desainer juga menghilangkan tombol-tombol kecil yang banyak terdapat di mobil-mobil saat ini.

Lexus UX

Selain meluncurkan sedan LS terbaru, Lexus juga menampilkan crossover UX Concept di NAIAS 2017. Mobil futuristik ini pertamakali diperkenalkan di Paris Motor Show 2016. UX merupakan bentuk keseriusan Lexus dalam mengembangkan mobil crossover sebagai kendaraan masa depan. Hal ini juga di buktikan dengan pengajuan paten untuk produk UX200, UX250 dan UX250h di kantor paten Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Dari tampilan exterior, UX Concept mengombinasikan tampilan mewah khas Lexus dengan keperkasaan sebuah mobil crossover. Selain itu, mobil ini juga memiliki garis-garis tegas yang sangat mencerminkan mobil Lexus. Kemungkinan besar UX juga akan dibangun dengan menggunakan platform TNGA yang sama dengan Toyota Prius.

Audi Q8

Mobil ini memiliki ruang kabin yang lebih luas dari Q7. SUV mewah dari Audi ini dirancang untuk empat orang dengan ruang bagasi yang cukup luas. Secara tampilan, Audi Q8 terlihat agresif dengan grille berukuran besar. Di bagian belakang nampak lampu LED memanjang ke bagian tengah bagasi, difusser, double muffler, serta spoiler di atapnya.

Audi juga mengaplikasikan velg berdiameter besar, yaitu 23 inchi dengan cakram berukuran 20 inchi. Pada bagian dapur pacu, Q8 dilengkapi dengan mesin V6 berkapasitas 3 liter yang dikombinasikan dengan motor listrik, sehingga output-nya mencapai 442 hp. Tenaga yang dihasilkan juga disalurkan melalui sistem transmisi otomatis delapan percepatan. Q8 direncanakan akan mulai diproduksi dan dijual pada tahun 2018 mendatang.