Sentuhan Baru Jaguar New XF 2.0

PT Wahana Auto Ekamarga (WAE), sebagai Authorized Distributor Jaguar Land Rover di Indonesia, memperkenalkan produk varian terbaru dari jajaran sedan premium mereka, Jaguar New XF 2.0 Black Jack. Sedan mewah lansiran Jaguar ini sebelumnya telah diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang berlangsung Agustus tahun 2016 lalu, namun kini perwakilan resmi pabrikan asal Inggris ini menyuguhkan New XF 2.0 Black Jack yang memiliki sentuhan lebih sporty dibandingkan sebelumnya.

“New XF 2.0 telah menjadi salah satu sedan premium terbaik di kelasnya. Desainnya yang elegan telah membawa ciri khas produk-produk Jaguar yang sporty, namun kini dengan sentuhan bertema ‘Black Jack’, New XF 2.0 menampilkan penampilan yang tampak agresif, menjadikan kesan sporty yang semakin kental,” ujar Roland Staehler, Chief Operating Officer PT Wahana Auto Ekamarga (WAE).

Sentuhan baru yang diberikan oleh pihak Jaguar Indonesia kepada New XF 2.0 Black Jack memang terdengar sederhana, namun secara jelas hal ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap penampilannya yang semakin sporty. Balutan warna Gloss Black pada radiator grille, serta pada aksen di bagian bumper depan yang sebelumnya berbalut chrome membuat wajah XF 2.0 Black Jack berkesan lebih tegas. Sementara di bagian samping dan belakang, frame jendela, ventilasi samping dan aksen chrome di bagian bagasi juga dibalut warna Gloss Black. Rumah kaca spion juga mendapatkan balutan cover Carbon yang modern.

Pada bagian rodanya, model velg tidak berubah, namun warnanya kini juga mendapatkan lapisan warna Gloss Black, selaras dengan aksen lain di New XF 2.0 Black Jack. Detail kecil pun diperhatikan oleh pihak Jaguar Indonesia, dengan memberikan penutup pentil ban dan penutup tengah velg (Wheel Center Cap) bertema bendera Inggris ‘Union Jack’. Di balik velgnya, kaliper rem cakram di keempat rodanya mendapat balutan warna merah untuk menonjolkan kesan lebih sporty.

Di balik tubuh New XF 2.0 Black Jack terdapat struktur badan berbahan aluminium yang membuatnya mampu memangkas bobot totalnya hingga 190 kg dibandingkan generasi pendahulunya, namun mampu meningkatkan kekakuannya hingga 28 persen. Hal ini menjadikan kedinamisan mobil ini begitu istimewa. Dipadukan dengan suspensi double wishbone di depan dan Integral Link di bagian belakang – yang juga bermaterial aluminium – membuat rasio distribusi bobot bagian depan-

belakang nyaris mencapai 50:50, memberikan keseimbangan ideal untuk pengendaraan dan pengendaliannya.

“Saya percaya New Jaguar XF 2.0 Black Jack, merupakan mobil terbaik di kelasnya. Elegan, menawan dan memiliki aura khas mobil premium. Mobil ini benar-benar sedan sport Jaguar yang paling lengkap saat ini. Apalagi, arsitektur aluminium modern milik Jaguar memberi keunggulan kedinamisan bagi New XF2.0 Black Jack dibandingkan kompetitor di kelasnya,” tegas Roland.